PROFESSIONAL GOOFBALLS TOUR 2018 PART 3

24 AGUSTUS 2018

Sebenernya urang udah bilang ke DBGC supaya bangun jam 6 pagi soalnya kita ngejar kereta jam 8 pagi. EH bocah gemblung malah pada mabok sampe jam 4 subuh dan berisik banget di luar. Untungnya SNK bisa tidur agak mending & ngebangunin rombongan DBGC. Kalo ngga bisa ambyar tuh soalnya pas kita bangunin jam 6 mereka masih pada teller haha. Setelah semuanya bangun & siap, kita langsung meluncur ke stasiun kereta. Nyampe sana karena masih ada waktu buat sarapan, kita semua sarapan dulu. Pas boarding, mulai kerasa tuh kenapa kalo tur mending bawa barang dikit aja.Saat kita mau nyimpen koper di kabin atas, kita sempet khawatir ga muat tapi untungnya diteken dikit bisa masuk.Tapi koper si MJ ga ada tempat buat nyimpen, akhirnya mereka simpen kopernya di antara kursi mereka. A lesson learned lah ya hehe. Oiya, John ikut juga di kereta ini. Tapi dia duduknya misah soalnya waktu mesen tiketnya beda, dia duduk sama 2 mas-mas depan dia dan tebak apa yang dia bilang pas ketemu mereka pertama kali… “WADDAP”. Haha!

Perjalanan kereta ini menuju Jogja lumayan panjang, sekitar 8 jaman. Nah disini urang duduk hadepan sama Bondu, dia cerita sih belum pernah naik kereta selama ini soalnya kalo di Korea dari ujung ke ujung Cuma 3 jam maksimal. Keliatan sih dari gelagat rombongan DBGC, pada pegel dan bête. Sampe stretching & push up (ke kursi) di lorong kereta. Bahkan si John aja yang sekarang emang lagi bermukim di Jogja ngomong bête & ngeliatin mulu Google Maps liat berapa stasiun lagi harus berhenti buat nyampe Jogja.Di tengah-tengah perjalanan Bondu inisiatif ngeluarin Nintendo Switch dia dan bikin turnamen Tetris & Puyo Puyo.Lumayan menghibur lah & Andresa yang paling berisik karena dia menang mulu. Siap bang~

Setelah perjalanan panjang akhirnya kita sampe Jogja! Setelah keluar stasiun, kita dijemput oleh Nanda Senn, Udin Otakkotor (yang juga bantuin tur SNK 3 tahun lalu) & beberapa wajah baru pengurus YK Booking kali ini. Nah disini muncul problem pertama haha.Si Jon keukeuh pengen ngajak kita makan di deket stasiun yang menurut dia enak tapi Udin udah nyiapin tempat buat kita makan juga.Saya & John sempet diskusi agak sedikit ngotot karena saya menghargai Udin sebagai organizer kita harus ikut ke tempat dia walau agak jauh.Jon gamau abis pikir, dia akhirnya misah buat balik kontrakan dia &ketemu kita di venue aja.Satu terpecahkan & ada satu lagi yang harus diselesaikan.Udin ngga tau kalo rombongan kita cukup banyak & bawa koper gede. Akhirnya kita sepakat MJ & semua barang bawaan kita disimpen di mobil Nanda& sisanya naik boncengan motor. Nyisa Saya, Athif & Meena yang ngga kebagian motor. Karena menurut Google Maps tempat kita makan –yang disarankan sama Udin- cukup deket, kita jalan kaki aja sambil jalan-jalan. Lumayan lah sambil JJS & si Meena juga seneng liat pemandangan Jogja.Kita makan & istirahat sejenak di Legend Café. DIsitu saya juga menyempatkan ngobrol sama beberapa pengurus baru YK Booking. Keren juga nih mas Menus bikin kepengurusannya dengan system regenerasi yang aktif. Sementara anak-anak DBGC pada pesen nasi goreng, saya & Athif pesen mie godog (yang rasanya sebenernya kyk Indomie ato emang lidah kita aja yang kurang pengalaman kuliner?). Sekitar 2-3 jam beristirahat disana, kita langsung meluncur ke venue yang ada di daerah selatan Yogya.

Sementara yang lain bergegas menuju venue hari itu, DC Milkbar, saya & Udin keliling Jogja dulu sebentar sekalian menjadi “divisi pengairan” untuk kelancaran tubuh DBGC hari itu. Sepanjang perjalanan naik motor, karena dipancing, saya akhirnya bercerita tentang kejadian tempo hari di Surabaya & Udin malah menertawakan “owalah di Yogya mah udah ngga mainan yang gitu, sekarang udah lebih banyak yang lebih strong. Sampeyan mana kuat!”Yogya selalu punya kejutan. Setelah mendapatkan apa yang kita cari untuk rombongan DBGC, kita pun berangkat ke venue. Saya berpikir, saya singgah di Jogja terlalu singkat hari ini. Mungkin suatu hari nanti saya akan ke Jogja hanya untuk liburan saja. Tapi ya, itulah tour life (anjay), hari ini bangun di kota ini, besok sudah harus bergegas ke ke kota lainnya.

Saat sampai di venue, ternyata suasananya sangat homey sekali. Banyak ornament bambu & kayu-kayu. Sangat Jogja sekali & bikin ngantuk haha. Saya sempatkan untuk mandi dulu sebelum gig karena sejak di Malang saya belum mandi (iya jorok iya). Jon yang tadi pagi sempet misah dulu akhirnya beneran dateng & ojol-ojol ngajak patungan buat pesen pizza.Anak-anak ga ada yang dengerin dia dan urang yang kena haha tapi yowes sekalian pengen nyobain juga.Akhirnya saya & Jon patungan buat pizza tapi untungnya enak pizzanya (penting banget.)

Malam ini sepertinya cukup melelahkan buat rombongan DBGC. Pallo yang biasanya ceria sekarang cuma duduk di kursi melewatkan beberapa band. Kadang ke depan untuk ambil footage dan duduk lagi. Meena sempet tidur ampir setengah jaman dan dari mukanya keliatan cape banget sih.Kyknya durasi perjalanan kereta jadi alesan kenapa mereka kyk gini. Tapi ngga buat MJ hahaha tetep enjoy doi. Sempet-sempetnya pemanasan sticking juga.Saya sempet obrol ama Bondu juga nanyain dia cape ngga, ya dia bilang cape haha.

Saya becandain dia kalo tadi Cuma pemanasan, besok dari Jogja ke Bandung bakalan hamper sama durasinya. Ngga lama dari abis obrol ama Bondu, rombongan EItherway.akhirnya baru pada nyampe dengan muka yang agak mesem. Ternyata mereka juga dapet ceritanya sendiri. Mobil yang mereka sewa dari Malang diberhentiin sama “orang leasing” di tengah jalan dan mereka lanjut ke venue naik kendaraan umum. Bisa gitu ya? Tapi untungnya mereka ngga apa-apa dan bisa sampe venue dengan selamat. Eitheway rules.

Robbrs ngebuka gig malam ini. Fun fact : vokalis Robbrs ternyata adiknya mas Gesit Story Starry Nite & My Gosh hahaha! Soalnya kemarennya dia nge-WA “masprab ntar ada Robbrs, adikku itu” Bodor pisan. Selanjutnya ada Kazzmir, band proyekan(?) mas Edo Grrrl Gang. Pas Kazzmir maen, urang jadi salah fokus dan baru ngeh : Cuma ada satu stand mic. Ternyata urang lupa ngabarin Udin buat nyediain mic & stand mic lebih buat DBGC soalnya mereka kan tiga-tiganya nyanyi. Apes. Sempet diskusi sama Udin tapi ngga dapet solusi. Ngobrol sama Athif akhirnya dapet solusi & kebetulan nemu stand mic yang udah agak rusak tapi bisa diakalin buat nempel mic tambahan ke situ pake duct tape item. Ternyata lumayan berhasil. Buat mic satu lagi di area drum, urang coba akalin ngambil satu mic todong dari ampli gitar, kebetulan mic todong buat ampli gitar ada dua plus stand mic kecil. Mic itu kita pindahin ke belakang & kita simpen diatas meja kecil yang bisa pas sama tinggi posisi drummer. Fyuhhhhh ada-ada aja untungnya bisa diakalin.

Eniwei setelah Kazzmir ada Eitherway & akhirnya giliran DBGC maen. Seperti yang sudah diduga, animo yang nonton pasti rame pas DBGC & bisa dibilang ini set terbaik mereka selama tur ini. Walau kecapean, Mina tetep pecicilan. Si Bondu ada kelakuan goblos deh, dia iseng naik ke ampli gitar sampe amplinya rusak haha! Akhirnya harus ganti ampli.Untung aja SNK & Senn Cuma pake satu ampli gitar.Dasar Bondu gemblung. Setelah DBGC, giliran SNK selanjutnya. Untungnya karena saya males pake set up belibet, jadi langsung pake built in overdrive dari ampli aja & untungnya mumpuni. Saya sempet becandain yang nonton & Mas Edo Grrrl Gang.Maaf yam as, Cuma iseng aja kok obrolan itu. Overall set di Yogya lumayan lancar –walau Andresa sebelum manggung kena alergi & bentol-bentol. Senn menutup gig hari ini dengan maksimal dan menggebu-gebu. Selalu seneng kalo nonton Senn live.Energi & banter antara lagunya selalu menghibur. Saya bisa nobatkan Senn sebagai duta besar pop punk dari Yogya hari ini.

Tapi buat saya pribadi ini set yang agak “menyiksa”, tiba-tiba sehabis gig dada kanan saya sakit banget anjir. Setiap tarikan nafas ato bahkan Cuma ketawa aja juga sakit banget.Tapi ya narik tangan keatas juga sakit.Ya di husnudzon aja mungkin salah urat ato ga sengaja kebadug. Sambil nahan sakit dada, saya iseng bikin lingkaran obrolan 3 band yang tur –walau obrolannya ngalor ngidul- sehabis foto bareng di depan panggung. Disitu dengerin curhat Eitherway.yang kena apes mobilnya diambil terus sambil cari solusi terbaik buat mereka melanjutkan perjalanannya ke Bandung. Akhirnya mereka sewa mobil lagi dari Jogja. Gokil juga semangatnya.

Setelah itu, kita akhirnya ke tempat peristirahatan di Jogja yaitu sebuah kontrakan milik teman Udin yang sangat indie sekali! DBGC nyebutnya Asgard Home  karena mereka pikir itu Odin’s House (mereka salah denger nama Udin jadi Odin. Gemblung). Tapi ngga deng, saya, Andresa, Udin, Bondu, Mas Menus & Abhi beli makan dulu buat yang udah pada jalan duluan ke kontrakan. Eh tapi pas nyampe kontrakan udah pada pules haha yowes lah.

Karena udah jam 3 subuh, saya & Athif berencana buat begadang kaena takut bablas. Athif yang cape bertahan sampe jam 4 lebih dan akhirnya tidur sementara saya, Udin & teman-temannya dia bertahan sampai pagi haha! Pas niat mau bangunin anak-anak, saya tiduran bentar karena pegel punggung eh hampir aja ketiduran.